Bupati Trenggalek Ganti Biaya Transport 55 Korban Konflik Sosial Wamena asal Trenggalek





Trenggalek, Jatim, www.grafikawangi.com  - Siapkan Pemulihan Trauma Healing hingga Memfasilitasi Administrasi Kependudukan, Pemeriksaan Kesehatan dan Pendidikan bagi Pengungsi Usia Sekolah

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dan Forkopimda Trenggalek menggelar audiensi dengan korban konflik sosial Wamena asal Trenggalek di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Jum'at (26/10/2019).

Dalam kegiatan ini orang nomor satu di Trenggalek tersebut juga menyerahkan bantuan berupa uang pengganti biaya transportasi kepulangan  mereka ke Trenggalek, sebesar Rp. 2,5 juta per orang untuk pengungsi yang menggunakan pesawat udara dan Rp. 1 juta per orang yang menggunakan moda transportasi kapal laut.

Selain uang pengganti transportasi, Bupati Trenggalek juga menyerahkan bantuan lainnya berupa sembako, alat kelengkapan sekolah dan kain, layanan trauma healing untuk pemulihan psikologis, admistrasi kependudukan dan pendidikan bagi pengungsi yang masih berusia sekolah.

Suami Novita Hardini tersebut berharap konflik sosial serupa dan segera berakhir dan tidak terjadi lagi di tanah air. "Jangan ada lagi diskriminasi sosial, ras, suku dan agama, mari kita jaga keutuhan NKRI," tandas Gus Ipin dalam kegiatan audiensi tersebut.

Dalam kesempatan berbeda,  Kapolres Trenggalek  AKBP Jean Calvijn Simanjuntak juga berpesan kepada para pengungsi, untuk segera melupakan kejadian yang terjadi sebelumnya. " Mari kita berdoa dan berharap hari depan lebih baik dari hari yang kemarin," pesannya.

Senada dengan Bupati Trenggalek, Pamen Polri ini ini juga menyinggung mengenai pentingnya memberikan trauma healing kepada para korban konflik Wamena ini. "Meskipun wajah anak-anak ini ceria, namun pasti ada rasa trauma yang membekas, sehingga perlu dilakukan pendampingan trauma healing. Dengan begitu psikologis mereka dapat terpulihkan," lanjut AKBP Jean Calvijn Simanjuntak.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda  Trenggalek, Sugeng Widodo dalam kegiatan ini melaporkan, "sesuai data yang dihimpun  Dinas Sosial PPPA Kabupaten Trenggalek warga terdampak konflik sosial  Wamena asal Trenggalek, tercatat sebanyak 33 kepala keluarga dengan total keseluruhan anggota keluarga sebanyak 55 orang," ungkapnya.

Ditambahkan olehnya  Pemerintah Kabupaten Trenggalek telah berupaya keras untuk memfasilitasi kepulangan para pengungsi Wamena  ini dengan melakukan penjemputan ke bandara dan pelabuhan untuk selanjutnya dihantarkan sampai ke keluarga yang dituju.

Tidak berhenti di sini saja, pemeriksaan kesehatan dan pendampingan trauma healing juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk para pengungsi.

Sebelumnya Bupati Trenggalek juga telah memberangkatkan Sekda Trenggalek,  Joko Irianto dan ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek ke Papua untuk melihat langsung warga Trenggalek yang ada disana, sekaligus membantu dan memfasilitasi kepulangan mereka. (Humas)
Bupati Trenggalek Ganti Biaya Transport 55 Korban Konflik Sosial Wamena asal Trenggalek Bupati Trenggalek  Ganti  Biaya Transport 55 Korban Konflik Sosial Wamena asal Trenggalek Reviewed by Tag on Oktober 26, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar